Monday, September 1, 2014

Repo MP3 Centos 6

Menggunakan Operating System Linux untuk pekerjaan sehar-hari memang gampang-gampang susah dan penuh tantangan. OS Centos yang terpasang di Laptopku jarang saya gunakan karena ada beberapa kendala; suaranya belum bisa bunyi karena di Centos tidak menyediakan Codec MP3 yang di sediakan adalah Codec Ogg. Sedangkan file2 musik yang aku punya typenya masih MP3. File ini bisa didengarkan asal di convert dulu ke OGG tentu ini butuh waktu dan sedikit ribet.
Kendala kedua VPN Clientnya masih disable padahal pekerjaan tiap harinya aku butuh konek ke beberapa server yang tersebar di beberapa wilayah menggunakan VPN Client ini ( yang ini belum ketemu caranya harap maklum :) ).
Akhirnya secara tidak sengaja aku menemukan repo yang menyediakan Codec untuk memutar file type MP3. Pertama buat file di /etc/yum.repos.d/linuxtech.repo . Kemudian paste teks dibawah ini:
[linuxtech]
name=LinuxTECH
baseurl=http://pkgrepo.linuxtech.net/el6/release/
enabled=1
gpgcheck=1
gpgkey=http://pkgrepo.linuxtech.net/el6/release/RPM-GPG-KEY-LinuxTECH.NET
Setelah itu buka file type MP3 nya dengan menggunakan soft pemutar MP3, bisa menggunakan soft ini Movie Player, Rhythmbox atau yang lain nanti akan muncul tombol SEARCH kemudian klik saja, nanti akan otomatis menginstall. Ok sampai disini dulu dan selamat bermusik ria :) .
Wassalam

No comments:

Post a Comment