Sunday, September 28, 2014

Bagaimana menjual diri?

Wah menjual diri, bagaimana ya?

Kenapa harus dijual?
Masih ingatkah? ketika kita kesana kemari, kirim email, surat untuk mencari pekerjaan. Di surat lamaran kita mencamtukan keahlian-keahlian, kemampuan-kemampuan, sertifikat-sertifikat, pengalaman kerja, dan lain sebagainya yang semuanya itu bisa diibaratkan barang dagangan kita, yang kita tawarkan kesana-kemari agar konsumen (perusahaan, instasi) tertarik dengan dagangan kita. Kenapa harus dijual sama dengan mengapa kita harus bekerja atau melamar pekerjaan.

Step by step menjual diri?

A. Mempersiapkan / merencanakan lapak
Ibarat kita akan membuka toko, maka kita perlu mempersiapkan / merencanakan toko tersebut akan menjual apa? Atau dagangan yang akan kita jajakan apa? Langkah ini seharusnya sudah kita pegang pada saat di sekolah.  Contoh ilustrasinya jika lapak Profesi sebagai berikut:

Jika kita ingin merencakan membuka lapak / toko “Profesional Database” maka barang dagangan yang harus kita siapkan minimal bisa seperti ilustrasi tersebut . Nah bagaimana cara kulak atau memperoleh barang dagangan itu. Untuk memperoleh minimal 3 dagangan itu bisa dengan cara sekolah, belajar online, kemudian menabung karena biaya sertifikasi nya juga lumayan mahal.

Bersambung

No comments:

Post a Comment