Wednesday, October 1, 2014

Karyawan VS Enterpreneur

Kalau menurut pendapat saya, karyawan dan entrepreneur (wirausaha) / usaha sendiri itu sama saja. Seperti ilustrasi berikut ini:















Dari ilustrasi grafik pendapatan diatas bisa dilihat bahwa pendapatan seorang wirausaha naik turun, terkadang banyak, tetkadang sedikit. Naik turunnya pendapatan seorang pengusaha dipengaruhi banyak faktor salah satunya bisa pelanggan & pelayanan.
Sementara itu jika seorang Karyawan, hanya mempunyai pelanggan tunggal yaitu perusahaan / instasi yang dinaunginya. Jika di ilustrasikan dengan grafik bisa seperti berikut:















Dari grafik diatas bisa disimpulkan bahwa seorang karyawan dengan hanya 1 pelanggan yaitu tempat mereka bekerja, masih bisa mendapatkan tambahan pendapatan disisa waktu pekerjaan utamanya atau pekerjaaan sampingan namun karena keterbasan waktu maka pendapatan tersebut tidak bisa maximal seperti pendapatan seorang wirausaha. Namun pendapatan karyawan juga tidak bisa turun karena sudah terikat kontrak pendapatan dengan perusahaannya.

Sekarang yang jadi masalah adalah seorang karyawan, nyambi wirausaha dengan mengorbankan pelanggan (perusahaan/instansi) yang sudah mengikat kontrak pembelian jasanya, namun waktu, tenaga dan pikirannya digunakan untuk melayani pembeli lain.

OK sampai disini dulu, semoga jadi renungan!

No comments:

Post a Comment